Monday, January 18, 2016

Tutorial Beatbox ke-4 Bass Line

Bass Line


Kali ini saya akan memberikan tutorial Beatbox yang ke-4 yaitu Bass Line.

Kali ini saya akan memberikan tutorial yang berbeda dari tutorial Beatbox sebelumnya. Kalau sebelumnya saya memberikan tutorial tekhnik, dan sekarang saatnya saya memberikan tutorial effect sound Beatbox yang paling dasar, yaitu effect sound Bass Line.

Bagi sobat yang tidak mengetahui effect sound Bass Line nanti akan saya bahas di point-point tutorial Beatbox yang akan saya berikan saat ini.

Bagi sobat yang sudah menguasai effect sound Bass Line, sobat bisa meluangkan juga sedikit waktu untuk membaca dahulu keseluruhan artikel ini oke kan sobat . Yuk kita bahas.


Artikel terkait: Tutorial Beatbox ke-2 Cymbal dan Pf-Snare

Bass Line

Untuk sobat yang belum mengetahui Bass Line, pasti mendengar namanya kelihatan seram dan mengira effect sound Beatbox yang satu ini susah. Memang semua effect sound dalam Beatbox itu memakai nama asing. Tidak ada effect sound Beatbox yang diambil dari nama yang berasal dari Indonesia.

Kalau ada effect sound Beatbox yang berasal dari Indonesia yang sobat ketahui silahkan jawab di komentar.

Effect sound Beatbox ini berasal dari kata Bass dan Line. Bass artinya alat music bas dan Line artinya garis. Secara pengertian dari instrument musik "Bass line" adalah ensembel musik unik yang terdiri atas beberapa marching bass drum dalam ukuran berbeda-beda yang umumnya digunakan dalam marching band.

Sebenarnya effect sound Beatbox ini sangat mudah untuk membunyikanya dan salah satu effect sound Beatbox dasar. Banyak Beatboxer yang sudah menguasai effect sound Beatbox ini sejak kecil bahkan orang yang tidak bisa Beatbox juga menguasainya.

Tetapi ada juga Beatboxer yang kesulitan saat mempelajari effect sound Beatbox ini.

Cara membunyikan effect sound Beatbox ini sobat cukup melemeskan bibir sobat, terus sobat bicara “tutututu” sehingga mengeluarkan angin dari selah-selah bibir yang kita lemaskan itu sehingga mengeluarkan suara yang menjadikan effect sound Beatbox.

Kalau sobat sudah bisa menguasai effect sound Bass Line, sobat bisa mengaplikasikanya ke dalam Beat menjadi.
 

•    <Bru Name: Bass Line>  Bru T B K Bru Bru K T B Bs

Di tanda kurung itu sama seperti keterangan.

Effect sound Bass Line juga bisa dibagi menjadi beberapa jenis cara membunyikanya yaitu seperti di point-point berikut.


Artikel lain: 10 Manfaat Mempelajari Beatbox yang Perlu Kamu Ketahui

•    Bass Line + Vokal

Cara membunyikan effect sound Bass Line yang ditambahkan dengan vocal ini, sobat bisa menambahkan effect sound Bass Line menggunakan huruf vokal (a, i, u, e, o) saat sobat mengeluarkan effect sound Bass Line.

 Tetapi posisi mulut tetap sesuai dengan effect sound Bass Line, dan jangan membuka mulut saat mengeluarkan huruf vokal.

•    Bass Line + Falsetto

Cara membunyikan effect sound Bass Line dengan menambahkan nada falsetto ini,  berbeda dengan membunyikanya dengan huruf vokal. Kalau cara membunyikan effect sound Bass Line dengan menambahkan falsetto ini, cara membunyikanya dengan cara huming falsetto.

Baca juga:7 Tips saat Kamu Mempelajari Effect Sound Beatbox

•    Bass Line + B(Kick Drum)

Cara membunyikan effect sound Bass Line yang menambahkanya dengan tekhnik Kick Drum ini pastinya sobat harus mempunyai kemampuan untuk membunyikan tekhnik B(Kick Drum).

Dan supaya lebih mudah dalam membunyikanya, bisa juga menambahkanya menggunakan tekhnik Cymbal dan disertai dengan effect sound Bass Line. Sehingga bunyi yang dikeluarkanya itu lebih kuat. Effect sound Bass Line ini kalau diaplikasikan ke dalam beat menjadi.

•    <Br Name= “Bass Line + B> Bsr Pf Bsr B Pf T B Pf T Bsr

Oke sobat…
Segitu dulu yang bisa saya sampaikan dalam tutorial Beatbox kali ini yaitu “Tutorial Beatbox ke-4 Bass Line”. Mohon maaf kalau ada sepenggal kalimat yang kurang dimengerti. Dan nantikan tutorial Beatbox yang lainya di blog ini.

Kalau sobat merasa kurang jelas dengan tutorial yang saya sampaikan disini sobat bisa menonton video nya dibawah ini.
 

Jangan lupa beri tanggapan sobat melalui komentar dibawah ini.
Dan kalau sobat mau menyampaikan sesuatu kepada saya, sobat bisa mengirimkan email ke ikmalseptiana29@gmail.com. Atau melalui Facebook saya facebook.com/flazzer.id


Rekomendasi Untuk Anda × +
Powered by Blogger.