Monday, February 1, 2016

Tutorial Beatbox ke-5 Lip Bass


Tutorial ini adalah tahap selanjutnya effect sound Beatbox setelah effect sound Bass Line yang saya berikan di tutorial sebelumnya. Tutorial yang akan saya berikan kali ini adalah effect sound Lip Bass.

Saya tidak memberikan tutorial yang mempunyai tahapan dari yang mudah terdahulu, tetapi saya akan memberikan tutorial yang memiliki cara membunyikanya hampir sama. 

Lip Bass

Kalau sobat mau mempelajari effect sound Lip Bass, tentunya sobat harus menguasai effect sound Bass Line terlebih dahulu. Effect sound Lip Bass ini bisa dibilang sedikit menyulitkan. Effect sound Lip Bass dibagi menjadi dua tekhnik cara membunyikanya, yaitu seperti dibawah ini.

Artikel terkait: Manfaat Beatbox

1. Lip Bass High

Saya menyebutnya Lip Bass yang satu ini adalah Lip Bass high. Karena saya tidak mengetahui nama Lip Bass yang satu ini dan saya tidak pernah mendengar nama Lip Bass ini dari Beatboxer lain. 

Tekhnik Lip Bass ini bisa dibilang sedikit sulit, karena kita harus membuat bibir kita menjadi kencang terlebih dahulu untuk mempelajarinya.

Saya sendiri dapat menguasainya dengan keberuntungan dan tidak kesengajaan dan juga tidak dapat diukur jangka waktu mempelajari effect sound Lip Bass ini.

Cara membunyikanya:


  • Buatlah bibir sobat menjadi datar bibir sobat seperti saat senyum tetapi terlihat  tidak melengkung seperti gambar di bawah ini.

mouth lip bass
  • Jangan sampai ada sedikit lubang yang terbuka pada bibir sobat tetapi berikan juga selah-selah lubang pada bibir yang dirapatkan.
  • Kencangkan bibir sobat dan jangan sampai terlihat lentur
  • Lalu tiup di selah-selah bibir yang dibuka dan usahakan sampai bibir sobat bergetar
  • Sobat bisa memberikan tekhnik yang lain yang disatukan dengan Lip Bass ini, contohnya sambil berbicara tu tu tu tu atau sambil menambahkanya suara falsetto 
Lip Bass yang satu ini adalah jalan untuk menuju mempelajari Wobble Bass

Kalau disatukan dengan Beat menjadi:

  •  <Tut name”Lip Bass”> Tut T B K Tutut Tutut K (Diulang-ulang)

Silahkan masukan ke dalam beat oleh sobat sekreatif mungkin dan sebagus mungkin.

2. Lip Bass Low

Sama seperti di atas saya tidak mengetahui nama Lip Bass yang satu ini sehingga saya menyebutnya Lip Bass low. Karena saat kita membunyikan Lip Bass ini, bibir kita akan terlihat lentur.

Ada yang menyebut bahwa effect sound ini sulit dipelajari, dan ada juga yang menyebutkanya effect sound ini sangat mudah untuk mempelajarinya.

Pengalaman saya, saat mempelajari effect sound Lip Bass yang satu ini hanya membutuhkan waktu satu hari saja termasuk menyempurnakanya.

Syarat untuk mempelajari effect sound ini adalah sobat harus menguasai Bass Line terlebih dahulu

Cara membunyikanya:

  • Bunyikan effect sound Bass Line sobat
  • Lalu buka rongga tenggorokan sobat seperti sobat saat bengong
  • Satukan effect sound Bass Line tersebut sehingga sobat membunyikan Bass Line dengan menggabungkan saat sobat membuka rongga tenggorokan sobat
  • Usahakan sampai bibir sobat terlihat lentur saat membunyikan Bass Line dan usahakan suaranya menjadi seperti video dibawah ini

  • Lalu tambahkan dorongan lidah sobat sampai berhenti di belakang gigi sobat.

Suara yang benar akan terdengar seperti video di bawah ini.



Lip Bass yang satu ini juga merupakan jalan untuk mempelajari Wobble Bass karena di effect sound Wobble Bass yang akan saya bahas nanti, terdapat syarat untuk membuka rongga tenggorokan.

Baca juga: Bass line

Kalau di masukan ke dalam Beat menjadi.

  • <Bah name=”B+ah”> <Buek name=”Lip Bass”> Bah T B K Buek B B K T (diulang-ulang)

Silahkan kreasikan ke dalam beat sebisa mungkin dan sekreatif mungkin oleh sobat.

Bagaimana apakah sobat menjadi terasa lebih mudah saat mempelajari effect sound Lip Bass setelah membaca keseluruhan artikel ini? Silahkan jawab di komentar tanggapan sobat.

Terimakasih telah membaca keseluruhan tutorial ini, dan jangan lupa share tutorial ini. Supaya teman yang lain bisa membaca tutorial yang diberikan di blog ini.

Dan jangan lupa untuk isi email dan klik tombol subscribe di pojok kiri atas blog. Silahkan isi captcha pada RSS Feedbunner setelah sobat  meng-klik subscribe. Hal ini berguna untuk mengetahui postingan terbaru dari blog ini.

Kalau sobat ingin menyampaikan pesan silahkan bisa Kontak saya.

Rekomendasi Untuk Anda × +
Powered by Blogger.