Monday, January 4, 2016

Tutorial Beatbox ke-2 Cymbal dan Pf-Snare

tutorial beatbox

Untuk sobat yang sudah mahir dengan cara membunyikan B T K tapi saya sarankan jangan langsung belajar ke efek yang lainya. Tapi, saya sarankan untuk belajar Cymbal dan Pf-Snare terlebih dahulu.

“Sobat mau fokus dimana tekhnik atau efek?”
Jawabanya tergantung  pendapat sobat sendiri. Kalau mau memfokuskan efek, minimal sobat bisa menguasai tekhnik yang dasar. Saya sendiri lebih memfokuskan efek daripada tekhnik.

Bayangkan kalau sobat mempelajari efek tanpa tekhnik contohnya tanpa B T K. Tentu sobat tidak akan mahir membuat beat/pattern. 

Artikel terkait: Tutorial #1 : Dasar

Contoh sederhananya kalau sobat meminum kopi tanpa gelas. Tentu harus kan untuk menyediakan yang sederhana terlebih dahulu?

Kedua tekhnik yang akan saya bahas di tutorial ini (Cymbal dan Pf-snare) merupakan tekhnik yang bisa dibilang mudah setelah tekhnik dasar yaitu B T K.

Kalau sobat belum menguasai tekhnik ini sobat kemungkinan besar  tidak akan powerful didalam membuat beat.

Kali ini saya akan memberi tutorial Beatbox mengenai tekhnik Cymbal dan Pf-snare. Cekidot…

1. Cymbal

Tutorial Beatbox Cymbal?

Masih ada juga tekhnik yang berhubungan dengan suara di drum yaitu Cymbal kalau sobat mengetahui yang bentuknya seperti piring dipinggiran drum yang suaranya bes bes bes itu namanya Cymbal.
    
Tekhnik ini pasti bisa dibilang mudah kalau dipandang oleh orang yang sudah menguasai tekhnik dasar yaitu B T K. Gampangnya itu seperti saat belajar T (High-Hat).

Syarat bisa menguasai tekhnik ini adalah sobat mesti harus bisa menguasai tekhnik B.

Cara membunyikanya, sobat bicara bes terus ditambahkan tekhnik B. 

Suaranya akan terdengar seperti Cymbal di drum. Kalau sobat mengetahui drum pasti sobat tahu bagaimana suaranya.

Mungkin sobat bisa menguasai tekhnik ini dalam waktu sehari bahkan beberapa menit. Pengalaman saya, saat mempelajari tekhnik ini, saya menguasainya dalam jangka waktu beberapa detik.

Kalau sobat sudah menguasai tekhnik ini, sobat bisa mengaplikasikanya ke dalam beat. Seperti 
Bs T B K B Bs Bs K. 
Bs T B K T K T K B K 
Atau bisa juga dimasukan efek-efek yang lainya.

Udah belajar Cymbal masih menanyakan tutorial Beatbox? Atau sobat belum mengerti? Nanti akan saya uploadkan video yang mungkin bisa mudah dimengerti.

2. Pf - Snare

Tutorial Beatbox Pf-Snare? 

Snare di dalam Beatbox bermacam- macam. Snare yang dibahas ditutorial sebelumnya adalah snare K. Tetapi masih banyak jenis snare. Ada K snare, Pf snare, Hollow Snare, Bmg snare dan lain-lain.

Ini adalah snare tingkat dasar ke-2 setelah K snare. Membunyikanya  bisa disebut gampang atau susah.

Pengalaman saya saat belajar tekhnik ini, bisa menguasainya dalam waktu 1 minggu lebih. Tidak tahu kenapa Pf saya berbeda dari orang lain bahkan berbeda sekali. Posisi mulut saya berbeda sampai bunyinya pun berbeda.

Tapi saya juga akan memberi tutorial seperti tekhnik saya yang dibunyikan. Tetapi kalau tidak cocok untuk sobat, boleh saja sobat  tidak mengikuti tekhnik saya.

Cara membunyikanya.
Sobat tinggal memajukan bibir bagian atas, terus kebawahin sehingga bibir bagian bawah ada di dalam mulut sobat. Tetapi jangan sampai terlalu dalam.

Terus tiup yang keras. Kalau bisa sambil berbicara fet fet. Pertama- tama memang berbeda suaranya bahkan sampai suaranya hancur.

Banyak orang yang menyebutkan Pf-Snare dengan sebutan yang berbeda beda. Ada yang menyebut Pft snare, Bpf, Pf, sampai Bf. Tapi itu terserah sobat saja mau menyebut apa.

Kunci untuk belajar Pf-snare sobat cukup banyak meminum air putih.
Soalnya, kalau awal belajar Beatbox itu harus banyak meminum air putih. Biasanya Kalau sobat pemula tidak akan betah kalau tidak  membasahkan bibir sobat sendiri.

Pf-Snare juga bisa diaplikasikan dalam beat.
Kalau dasarnya seperti ini.
B T Pf B t B Pf T
B Pf B B Pf B T Pf T Ts Pf T

Pf-Snare juga bisa dijadikan pengganti K snare. Atau bisa juga disatukan dengan K Snare dalam sebuah beat. Pf snare sangat cocok kalau dipakai  saat beat huming.

Oke sobat…
Segitu saja mungkin yang bisa saya sampaikan dalam tutorial kali ini yaitu “Tutorial Beatbox : Cymbal dan Pf-Snare” maaf kalau ada kata- kata yang menurut sobat kurang dimengerti. Dan nantikan tutorial Beatbox selanjutnya di blog ini.

 Kalau sobat kurang jelas dengan tutorial Beatbox ini, sobat bisa menonton videonya dibawah….
Jangan lupa berkomentar kalau sobat merasa ada yang mau disampaikan kepada saya atau kalau sobat mau mengirim pesan bisa mengirimkanya lewat email saya yaitu ikmalseptiana29@gmail.com.


Rekomendasi Untuk Anda × +
Powered by Blogger.