Tuesday, April 5, 2016

Tips Saat Kamu Membuat Beat

how to

Daripada ngurusin #salahbeli mending yuk baca aja artikel dari Beatblox kali ini ^_^

Kali ini saya akan memberikan tips mengenai cara untuk membuat Beat. Terkadang banyak juga Beatboxer yang males untuk buat beat sendiri. Karena wajar saja manusia itu tidak luput dari kemalasan.

Ide atau Inspirasi saya ini berasal dari blognya Neolizer. Mungkin artikel ini sudah lama di posting. Yuk kita bahas dan berikut tips-tips untuk cara membuat beat atau pattern.

Baca Juga: Tips Belajar Effect Sound

Tips Membuat sebuah Beat atau Pattern

1. Susunlah beat

Yang pertama harus dilakukan oleh kamu adalah menyusun komposisi beat.Disinilah tahap yang membutuhkan proses pemikiran. 

Dan biasanya beat yang terdengar baik adalah beat yang mempunyai intro dan reff.


2. Carilah tempo  

Mungkin bagian tempo ini bisa dikatakan cukup susah tetapi kalau terus dicari dan di teliti pasti akan terbiasa. Biasanya kalau kamu menjadi artis, pasti kamu mempunyai ciri khas tempo tersendiri.

Catatan: Artis disini berarti yang telah menguasai Beatbox sudah lama atau berpengalaman dan memiliki cipta seni yang layak didengar. Dan artis disini juga bukan yang berarti selebriti yang mencari-cari fans.

Saran saya untuk melatih tempo memakai alat yang bernama metronome atau kamu juga bisa download aplikasi metronome untuk android atau PC.

Artikel Terkait: Perlunya Menjaga Tempo

3. Jangan abaikan musikalisasi

Untuk membuat musikalisasi yang enak didengar, saya sarankan kamu untuk lebih sering mendengarkan lagu apapun itu genre-nya. 

Hal tersebut sangat berguna untuk dijadikan bahan referensi untuk membuat musikalisasi.


4. Selalu memakai audio recorder

Untuk mengingat beat yang telah dibuat, selalu pakailah audio recorder di handphone atau di mana saja. 

Hal tersebut juga sangat berguna kalau kamu sedang dalam perjalanan, lalu kamu mendapatkan beat baru, lalu kamu bisa langsung merekamnya di audio recorder tersebut. Sehingga kamu akan tetap mengingat beat kamu.


5. Power dalam suatu beat harus diperhatikan

Power dalam membunyikan suatu beat itu membutuhkan kekuatan otot mulut kita. Dan usahakan dalam membunyikan suatu beat untuk mengeluarkan power dan jangan takut kehabisan nafas.

Kalau kamu mempunyai beat yang keren dan kamu tidak memakai power saat membunyikanya, maka beat itu mungkin jadi terdengar biasa biasa saja.


6. Artikulasi

Artikulasi adalah kejelasan dalam membunyikan suatu beat. Artikulasi harus diperhatikan terutama untuk membunyikan effect sound tertentu atau tekhnik tertentu.

Kalau tidak diperhatikan maka tekhnik yang dikeluarkan tersebut menjadi terdengar tidak maksimal.


Tips tambahan yang berkaitan dengan beat

Kalau sedang mengeluarkan beat, maka kontrolah emosi kamu terlebih dahulu karena emosi itu berasal dari hati dan dapat memengaruhi suatu beat yang sedang dibunyikan.

Follow instagram Beatblox: beatblox_blog

Mungkin hanya beberapa saja yang saya bahas di artikel ini, dan saya mengharapkan saran dan kritik kalian terhadap artikel ini :) . Semoga artikel ini bermanfaat dan mohon maaf kalau ada kesalahan kata terhadap penjelasan di atas.

Berikan tanggapan kamu tentang artikel ini melalui komentar di fanspage facebook Beatblox.

Terimakasih sudah membaca keseluruhan artikel ini, dan jangan lupa share artikel ini. Supaya teman kamu yang lain bisa membaca artikel yang diberikan di blog ini.

Dan jangan lupa untuk isi email dan klik tombol subscribe bawah postingan artikel ini. Silahkan isi captcha pada RSS Feedbunner setelah kamu  meng-klik subscribe. Hal ini berguna untuk mengetahui postingan terbaru dari blog ini.

Kalau kamu ingin menyampaikan pesan silahkan bisa Kontak saya.


Rekomendasi Untuk Anda × +
Powered by Blogger.