Friday, April 1, 2016

Kamu Harus Tahu Istilah Dalam Beatbox

istilah dalam Beatbox

Apakah kamu pernah mendengar istilah baru dalam Beatbox? Biasanya kalau kamu sebagai Beatboxer pemula, biasanya akan menemukan istilah yang menurut kamu baru dalam Beatbox.

Di artikel kali ini saya akan bahas mengenai istilah dalam Beatbox. Istilah Beatbox itu hampir banyak dan yang akan saya bahas hanya sepengatahuan saya saja. Yuk kita bahas. 

Sebelumnya saya juga meminta maaf kalau ada kesalahan atau yang tidak kamu pahami dalam pengertian yang saya jelaskan. 

Istilah dalam Beatbox


- Jamming adalah ketika Beatboxer berkumpul dan membunyikan Beatbox secara bersamaan dengan tekhnik yang berbeda beda dan membentuk suatu irama. Contohnya seperti video dibawah ini.

 
sumber : swissbeatbox 


- Battle merupakan ketika seorang beatboxer melawan salah seorang beatboxer lainya, tetapi dengan cara dan positif dan cara untuk battle Beatbox dengan cara membunyikan beat dalam waktu tertentu dan putaran tertentu dengan cara bergiliran. Battle ini dijadikan sebagai ajang kejuaraan dalam Beatbox.

Artikel Terkait: 10 Tips Saat Beatbox Battle yang Belum Kamu Ketahui

- Pattern dalam kamus artinya pola. Jadi pattern dalam Beatbox merupakan susunan pola dalam bentuk penulisan yang disingkat dan digunakan untuk menyusun suatu beat. Contoh pattern seperti ini. B T K B T B K T

Baca Juga: Pattern Beatbox ke-6

- Tekhnik merupakan suatu bunyi yang dapat dikuasai oleh Beatboxer. Mau itu bunyi effect sound, ketukan drum dan lainnya. Contoh tekhnik misalnya wobble bass, lip roll, clop dan lainnya.
- Showcase adalah perform yang dilakukan oleh seorang Beatboxer atau team dalam Beatbox yang dilihat langsung oleh masyarakat. 
- Microphone adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi-energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik. Microphone adalah salah satu alat bantu untuk memperjelas suara dari beatbox.

Artikel Lainya: Seputar Microphone Beatbox Yang Perlu Diketahui

- Freestyle atau gaya bebas adalah ketika seorang Beatboxer membunyikan beatnya hasil menyatukan beberapa beat menjadi susunan irama seperti music.Contoh freestyle seperti dibawah ini.

sumber : swissbeatbox

- Tempo adalah ukuran kecepatan dalam birama lagu. Ukuran kecepatan bisa diukur dengan alat bernama metronome dan alat bernama keyboard. Di dalam keyboard terdapat digital metronome yang bisa berfungsi sebagai pengukur kecepatan dalam birama, misalnya 3/4 atau 4/4.
- Loop recording adalah proses merekam audio terus menerus mengulanginya dan disatukan oleh suara lain. Contoh loop recording Beatbox seperti dibawah ini.

sumber: swissbeatbox

- Beatbox game adalah suatu permainan yang dilakukan oleh sekelompok Beatboxer untuk merubah suasan dalam Beatbox menjadi suasana yang senang.
- Fast beat adalah suatu beat yang dibunyikan secara cepat. Beatboxer yang sering memakai fastbeat contohnya Alem & Skiller.
- Genre adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripanya satu sama lain. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik. Dalam Beatbox kamu dapat membuat banyak genre, karena Beatbox tidak ada aturanya dengan genre tertentu. Jenis genre dalam Beatbox seperti di video dibawah ini.

sumber: spencer knight

- Musikalitas adalah tempo dalam suatu beat yang mudah diingat dan juga ciri khas dari beat tersebut.
- Artikulasi adalah jelas tidaknya beat yang di bunyikan.
- Power adalah ketika membunyikan beat dengan disertai penghayatan yang kuat dan memakai tenaga yang kuat.

Mungkin hanya beberapa saja yang saya bahas di artikel ini, dan saya mengharapkan saran dan kritik kalian terhadap artikel ini :) . Semoga artikel ini bermanfaat dan mohon maaf kalau ada kesalahan kata terhadap penjelasan di atas.

Berikan tanggapan kamu tentang artikel ini melalui komentar di fanspage facebook Beatblox.

Terimakasih sudah membaca keseluruhan artikel ini, dan jangan lupa share artikel ini. Supaya teman kamu yang lain bisa membaca artikel yang diberikan di blog ini.

Dan jangan lupa untuk isi email dan klik tombol subscribe bawah postingan artikel ini. Silahkan isi captcha pada RSS Feedbunner setelah kamu  meng-klik subscribe. Hal ini berguna untuk mengetahui postingan terbaru dari blog ini.

Kalau kamu ingin menyampaikan pesan silahkan bisa Kontak saya.

Rekomendasi Untuk Anda × +
Powered by Blogger.