Monday, March 7, 2016

10 Tips Saat Beatbox Battle yang Belum Kamu Ketahui

Tips beatbox battle

Kali ini saya akan memberikan beberapa point dari tips saat Beatbox battle. Baik itu saat dimulai Beatbox battle, maupun saat persiapan menuju Beatbox battle.

Tips yang diberikan oleh saya ini akan sangat berguna untuk kamu yang masih gugup saat mengikuti Beatbox battle.

Artikel ini bukan hasil copy paste, tetapi saya mendapatkan pengetahuan yang berasal dari riset online maupun pengalaman saya sendiri.

Saya adalah Beatboxer yang belum pernah mengikuti Beatbox battle besar besaran, tetapi saya hanya pernah ikut Beatbox battle saat di suatu organisasi saja, tetapi saya bisa merasakan betapa rasanya mengikuti Beatbox battle. Apakah kamu juga Beatboxer seperti saya?.

Yuk kita bahas beberapa point selanjutnya. 

1. Menyusun beat kamu sebelum dimulai Beatbox battle

Suatu konsep seperti susunan beat yang untuk digunakan di Beatbox battle akan membuahkan hasil yang baik.

Dan yang dinilai dalam Beatbox battle adalah suatu susunan beat. Meskipun banyak para Beatboxer master, tetapi pasti mereka tetap menyusun konsep dan tidak pernah berhenti belajar.

Penyusunan beat ini bisa di lakukan di tempat yang tepat dan yang kamu anggap sebagai tempat yang santai tanpa ada segala gangguan. Seperti di kamar dan jangan lupa selalu membawa sebuah kertas dan pena untuk membuat konsep.

Baca Juga: Lakukan Tahap ini saat Kesulitan Membuat Pattern
Menghafal

2. Hafalkan beat kamu sendiri

Tentu jelas lah kamu harus menghafal beat sendiri yang telah kamu buat. Tidak mungkin kalau kamu membawa selembar kertas ke atas panggung saat Beatbox battle.

Menghafal beat bisa dilakukan di luar waktu saat membuat konsep suatu beat.

3. Bervisualisasi

Visualisasi sangat berguna ketika kamu akan memulai sesuatu. Silahkan membaca artikel keseluruhan tentang visualisasi di blog ini.

Visualisasikan keadaan saat kamu berada di panggung, tepukan tangan dari penonton, ketika kamu berada di depan lawan kamu, ketika di tonton oleh Beatboxer yang lainya. Dan jangan pernah untuk memvisualisasikan hal yang negatif dan ingat visualisasi harus tetap realistis.

Artikel Terkait: Visualisasi Diperlukan Jika Memiliki Impian Sebagai Beatboxer

4. Beat yang berkualitas dan hasil sendiri

Di dalam Beatbox memanglah begitu. Beatboxer itu seharusnya tidak mementingkan kuantitas suatu beat, tetapi harus melihat kualitas suatu beat di buat oleh Beatboxer itu sendiri. 

Saat  waktu itu, saya juga mempunyai kesalahan karena membuat lebih banyak beat, tetapi tidak ada beat yang berkualitas.

Dan kamu juga harus mempunyai beat hasil usaha sendiri. Begitu juga saat Beatbox battle, yang paling penting adalah mempunyai susunan beat yang berkualitas dan hasil proses sendiri.

Walau pun beat kamu tidak terlalu bagus, tetapi kamu harus mampu mengusahakan memakainya saat Beatbox battle. Karena yang di nilai itu adalah suatu proses bukanlah hasil.

Dan ini pengalaman saya. Dua kali ikut Beatbox battle dan beat tidak terlalu bagus tapi saya mementingkan proses saya sebagai pemula waktu itu.
sehat

5. Jangan abaikan kesehatan

Memang konsep itu lebih penting, tetapi, kalau kamu sedang dalam kondisi tidak sehat saat beberapa hari sebelum battle, kamu jangan memaksakanya.

Biarkanlah kalau kamu di diskualifikasi dan tidak mendapatkan prestasi. Karena prestasi itu bukan tujuan yang sebenarnya dalam kehidupan. Dan Beatbox battle itu hanya formalitas seperti nilai.

6. Jangan diam terus saat di panggung

Saat diam dan tidak ada sedikit gerak sedikit pun saat dipanggung, maka penonton pun akan memberikan kesan yang kurang baik bagi kamu.

Battle itu memang begitu kamu harus menggoda atau mengejek lawan sendiri, tetapi jangan sampai berlebihan
.
Dan kamu juga harus bisa menyesuaikanya bahasa tubuh dengan tempo beat yang kamu bunyikan saat Beatbox battle.
Pede

7. Percaya diri 

Percaya diri disini yaitu termasuk kalau kamu saat melihat banyak penonton yang menonton aksi kamu di panggung.

Sering kali penonton adalah bahan untuk membuat kamu gugup saat Beatbox battle.

Solusinya adalah tetap percaya diri dan anggap ribuan atau ratusan penonton itu adalah sebagai penggemar kamu. 

Dan jangan pernah berpikiran negatif bahwa penonton akan menilai kamu sangat buruk. Ubahlah pikiran negatif kamu menjadi pikiran positif.

Artikel Lainya: Tutorial Beatbox ke-8 Rimshot Snare

8. Carilah kelemahan lawan

Ingat Beatboxer itu harus mampu menjadi diri sendiri. Hubunganya adalah ketika lawan kamu mempunyai kemampuan yang lebih contohnya fast beat, dan kamu tidak bisa fast beat, maka jangan terlalu memaksakanya.

Kamu harus berfokus kepada kelemahan lawan dan berfokus kepada konsep yang telah kamu buat.

Cara melihat kelemahan lawan yaitu saat lawan kamu mengeluarkan beat, maka dengarkanlah effect sound apakah yang belum ia keluarkan. 

Kamu tinggal menambahkan effect sound kelemahan lawan kamu tersebut ke dalam beat yang sudah kamu persiapkan.

9. Manajemen waktu kamu

Waktu itu sangat berharga dan tidak akan pernah terulang kembali. Maka kamu harus memanfaatkan waktu battle kamu dengan sebaik mungkin dan pastinya waktu dalam satu ronde itu terbatas.

Untuk memanajemen waktu ini, kamu bisa melakukanya sebelum Beatbox battle. Caranya dengan memisahkan beberapa beat sebelum menyatukanya, lalu atur waktu dalam satu beat tersebut.


10. Hormati lawan kamu setelah selesai Beatbox battle

Yang paling penting dalam Beatbox yaitu persaudaraan. 

Jangan pernah kamu menyamakan saat di panggung Beatbox battle dengan di luar  Beatbox battle. Karena kamu harus selalu ingat, prestasi yang berhubungan dengan Beatbox battle itu hanyalah formalitas dan hanya pengukur kemampuan kamu sendiri.


Kesimpulan

Tidak ada hal yang akan sukses tanpa adanya persiapan dan pengetahuan yang cukup. 

Kamu beruntung suudah membaca keseluruhan artikel ini dan kamu akan mendapatkan pengetahuan untuk mengikuti Beatbox battle.

Beatbox battle adalah prestasi dan prestasi bukanlah tujuan prestasi hanyalah sebuah nilai yang mengandung formalitas. Jadi jangan terlalu mementingkan kemenangan di Beatbox battle dalam Beatbox. 

Bagaimana apakah kamu sudah merasa lebih baik dan sudah bisa mempersiapkan diri kamu sendiri untuk Beatbox battle setelah membaca keseluruhan artikel ini? Berikan tanggapan kamu tentang artikel ini melalui komentar.

Terimakasih sudah membaca keseluruhan artikel ini, dan jangan lupa share artikel ini. Supaya teman kamu yang lain bisa membaca artikel yang diberikan di blog ini.

Dan jangan lupa untuk isi email dan klik tombol subscribe di pojok kiri atas blog. Silahkan isi captcha pada RSS Feedbunner setelah kamu  meng-klik subscribe. Hal ini berguna untuk mengetahui postingan terbaru dari blog ini.

Kalau kamu ingin menyampaikan pesan silahkan bisa Kontak saya.

Rekomendasi Untuk Anda × +
Powered by Blogger.